Rabu, 12 Januari 2011

TIP'S ......... SEHAT SEPUTAR HERBAL

"Pisang, kacang almond, keju dan jus jeruk manis merupakan makanan yang bisa meredam amarah karena kaya triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin (hormon bahagia)."

"Makan pisang teratur 3 hari sekali bisa tingkatkan kesuburan pria. Pisang yang tinggi magnesium dapat merangsang produksi sperma lebih banyak."


"Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menteralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."

"Pepaya mengandung papain yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein, sehingga dapat membantu Anda diet dengan merasa tetap puas dan kenyang."

"Sarapan pisang bisa cepat turunkan berat badan karena merupakan sumber pati resisten, yang bisa memaksa tubuh menggunakan lemak untuk menyimpan energi, bukan karbohidrat."

"Aroma apel hijau bisa membantu Anda mengatasi keinginan mengemil. Ini berarti juga bisa membantu mempercepat penurunan berat badan bagi Anda yang sedang diet."

"Aroma jeruk bisa membuat Anda merasa lebih positif, mengurangi kecemasan dan lebih tenang, sehingga bisa membantu mengatasi stres yang dialami sehari-hari."

"Buah-buahan seperti jeruk, nanas, anggur dan jeruk, banyak mengandung Alpha-Hydroxy Acid (AHA) yang berfungsi membersihkan sel kulit mati yang dapat membuat kulit sehat serta awet muda."

"Air kelapa bisa mengobati dan menghilangkan bekas jerawat. Caranya, air kelapa dicampur dengan parutan kunyit kemudian rendam selama 3 malam. Saring dan gunakan airnya untuk membasuh muka."

"Buah-buahan dan sayuran tinggi kalium seperti bayam, jamur, blewah, jeruk, kubis Brussel, grapefruits (jeruk Bali), pisang dan kentang dapat efektif untuk menurunkan tekanan darah."

"Buah berwarna merah seperti tomat dan apel dapat membantu mengontrol tekanan darah, karena mengandung phytochemical lycopene dan quercetin (antioksidan)."

"Ubi, wortel, labu, melon kuning (cantaloupe) dan sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung tinggi beta-karoten yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi."

"Stroberi dicampur dengan baking soda bisa bertindak sebagai pemutih gigi. Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan gigi selama 5 menit untuk mendapatkan gigi putih cemerlang."

"Makanan mengandung banyak zinc seperti kacang, buncis, seafood, daging merah, telur dan kedelai dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala pilek dan flu."

"Bawang putih mengandung senyawa kimia yang menawarkan sifat antibiotik dan antivirus yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan virus pilek dan flu."

"Kencur dan kunyit dicampur jeruk nipis dan satu sendok kecap efektif mengeluarkan dahak dan riak dari saluran pernapasan, jadi bisa mengeluarkan debu-debu yang masuk dalam paru-paru."

"Kulit pepaya memiliki manfaat penyembuhan yang ampuh untuk mengobati ruam dan terbakar sinar matahari, serta untuk menghilangkan noda-noda hitam karena penuaan."

"Roti gandum, ubi jalar, bayam, telur, ikan tuna, salmon dan kacang merah adalah makanan tinggi protein dan nutrisi tertentu yang dapat membantu berkonsentrasi cukup lama."

"Kurangi nasi putih dan mengganti dengan ubi, singkong, jagung atau pisang lebih banyak manfaat kesehatannya, karena merupakan karbohidrat kompleks dengan kadar gula rendah dan serat tinggi."

"Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda."

"Tingkatkan fungsi reproduksi, kesuburan dan kekuatan fisik dengan vitamin E yang banyak terdapat pada semua produk gandum, sayuran hijau, susu, telur, kacang-kacangan mentah dan kecambah."

"Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal."

"Buah jeruk, kulit kacang bagian luar, biji-bijian, tanaman hijau, ikan dan kuning telur mentah yang banyak mengandung mineral mangan dapat menghilangkan kelelahan, mengurangi kegugupan, serta meningkatkan kecerdasan."

"Di saat dingin, makanan kaya zat besi seperti anggur, kismis, bayam, sayuran hijau, kacang kering, buah-buahan berwarna gelap, kurma, hati dan kuning telur, penting untuk menciptakan rasa hangat, vitalitas dan stamina."

"Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir."

"Selain sebagai 'mineral kecantikan' yang dapat merangsang pertumbuhan kulit, rambut, kuku dan mencerahkan mata, silikon pada apel, kacang, madu dan sayuran hijau juga dapat membantu penyembuhan tuberkulosis dan kelainan kulit."

"Ceri, baik manis atau asam, merupakan obat efektif untuk asam urat. Sebagai langkah awal, pasien hendaknya mengonsumsi sekitar 15-25 ceri sehari. Setelah itu, sekitar 10 buah ceri sehari akan menjaga penyakitnya terkendali."

"Kubis merupakan pengobatan efektif untuk obesitas. Sayur ini mengandung asam tartarat yang menghambat konversi gula dan karbohidrat lain menjadi lemak, sehingga sangat berguna dalam penurunan berat badan."

"Biji labu telah terbukti sebagai solusi pengobatan rumah yang efektif untuk masalah prostat. Biji labu yang kaya asam lemak jenuh, sangat penting untuk kesehatan prostat."

"Peterseli mengandung unsur-unsur yang membantu menjaga pembuluh darah, sehingga merupakan pengobatan rumah efektif untuk pengerasan arteri. Didihkan dalam air selama beberapa menit dan minum beberapa kali sehari."

"Alpukat merupakan lemak tak jenuh ikatan tunggal yang terdiri dari 20 vitamin dan mineral, yang berfungsi sebagai makanan anti-aging dan dapat melindungi dari kanker, penyakit jantung dan penyakit lainnya."

"Kurma kering adalah makanan yang menguatkan untuk laki-laki. Ditumbuk dan dicampur dengan almond, kacang-kacangan dan biji-bijian, ramuan ini merupakan pengobatan yang efektif untuk meningkatkan daya seksual."

"Kebotakan bisa dicegah dengan nutrisi makanan yang tepat dan seimbang, antara lain biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Selain itu, lengkapi dengan makanan khusus seperti susu, minyak sayur, madu, gandum, ragi dan hati."

"Yoghurt berfungsi sangat baik sebagai makanan pereda stres. Yoghurt yang kaya akan vitamin A, B kompleks dan D juga dapat meredakan insomnia, migrain dan kram yang berhubungan dengan menstruasi."

"Sup wortel bisa menjadi obat diare yang efektif. Sup wortel memasok air untuk mengatasi dehidrasi, mengisi kembali natrium, potasium, fosfor, kalsium, belerang dan magnesium, memasok pektin dan melapisi usus untuk mencegah peradangan."

"Makan kismis hitam yang telah direbus dengan susu dapat memulihkan kekuatan seksual. Makan rebusan kismis ini juga disertai dengan minum susu, dimulai dengan 30 gram kismis dan 200 ml susu sebanyak 3 kali sehari."

"Sakit kepala dapat disebabkan karena kekurangan vitamin B, yaitu asam pantotenat, B1 (tiamin), B2 dan B6 (pyridoxine). Vitamin B kompleks berfungsi sebagai perlindungan terhadap sakit kepala, termasuk migrain. Makanan yang banyak mengandung vitamin B antara lain ikan, hati, biji gandum dan ragi bir."

"Madu merupakan solusi pengobatan yang baik untuk obesitas, karena madu dapat memobilisasi kelebihan simpanan lemak dalam tubuh dan meletakkannya ke dalam sirkulasi yang digunakan sebagai energi untuk fungsi normal."

"Semangka adalah salah satu pelindung bagi penderita tekanan darah tinggi. Hal ini karena zat biji yang diekstrak dari semangka memiliki suatu kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah."

"Jus kentang mentah merupakan makanan obat yang sangat baik untuk rematik. Satu atau 2 sendok teh jus dari perasan kentang mentah yang diminum sebelum makan, dapat membantu menghilangkan kondisi asam dan mengurangi rematik."

"Kubis merupakan obat yang berguna untuk obesitas (kegemukan), karena sayur yang satu ini mengandung asam tartarat yang menghambat kenversi gula dan karbohidrat lain menjadi lemak. Ini sangat berguna untuk penurunan berat badan."

"Daun kubis bisa digunakan sebagai kompres untuk penyembuhan psoriasis, yaitu penyakit kulit yang mana proses pergantian kulit terjadi terlalu cepat. Daun bagian luar yang paling tebal dan hijau, paling efektif untuk digunakan sebagai kompres."

"Kacang merah dipandang sebagai obat yang sangat efektif untuk masalah ginjal. Caranya dengan mengeluarkan kacang dari polongnya, iris dan masukkan ke air panas, didihkan selama 4 jam. Saring dan dinginkan. Minum cairan ini secara teratur dapat mengobati dan mencegah batu ginjal."

"Mengunyah jambu biji mentah adalah tonik yang sangat baik untuk gigi dan gusi. Ini menghentikan pendarahan dari gusi karena memiliki efek styptic (menguncupkan jaringan atau pembuluh darah) dan kaya akan vitamin C."

"Penderita ginjal harus menghindari sayuran yang mengandung asam oksalat seperti bayam dan kokoa. Sayuran yang sangat baik adalah bawang putih, asparagus, peterseli, selada air, ketimun dan seledri. Sedang buah terbaik adalah pepaya dan ginjal."

"Jus sayuran sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit kelamin. Jus yang sangat bagus mencakup wortel, mentimun, bit dan bayam. Pasien boleh mengonsumsi secara bebas jus wortel baik dalam kombinasi dengan jus bayam, ketimun atau bit."

"Seledri, mentimun, kacang panjang, bawang merah dan bawang putih sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Kulit kacang polong juga pengganti alami insulin terbaik, karena mengandung banyak silika dan zat-zat hormon tertentu yang terkait erat dengan insulin."

"Satu sendok teh bubuk kunyit yang dikonsumsi dengan segelas susu 2 atau 3 kali sehari saat perut kosong sangat efektif untuk mengobati bronkitis. Selain itu, campuran bubuk jahe kering dan lada juga berkhasiat bagi penderita bronkitis."


"Bawang merah berguna dalam menormalkan persentase kolesterol darah dengan mengoksidasi kelebihan kolesterol. Satu sendok teh air perasan bawang merah mentah yang diminum pertama kali di pagi hari akan sangat bermanfaat untuk penyakit jantung."

"Biji mangga ternyata juga bagus untuk pengobatan diare. Biji harus dikumpulkan selama musim mangga, dikeringkan di tempat teduh dan dijadikan bubuk, serta disimpan untuk digunakan sebagao obat bila diperlukan."


"Pare sangat bermanfaat untuk penyembuhan diabetes. Untuk hasil terbaik, penderita diabetes dapat mengonsumsi jus dari 4 atau 5 buah pare setiap pagi ketika perut kosong. Selain itu, biji-biji pare juga dapat ditambahkan ke makanan dalam bentuk bubuk, atau dalam bentuk ramuan rebusan."

"Bawah putih yang direbus dalam 3 puluh gram susu efektif sebagai obat asma tahap awal. Teh jahe hangat dengan suing bawang putih cincang juga dapat membantu untuk mengatasi masalah asma, dan hendaknya dikonsumsi baik pada pagi dan sore hari."

"Apel bagus untuk mengobati kecanduan alkohol karena mampu menghilangkan keracunan dan mengurangi keinginan pada anggur dan minuman memabukkan lainnya. Selingi juga dengan jus seledri karena memiliki efek menenangkan dan menjadi penawar alkohol."

"Minum air panas yang ditambah air jeruk nipis dan setengah sendok teh garam bisa mengatasi sembelit (susah buang besar). Jika sedang sembelit imbangi juga dengan banyak makan buah-buahan dan makanan dari gandum."

"Buah Kapulaga bisa dipakai untuk mengatasi gangguan radang tenggorokan, batuk, perut kembung dan mual. Kapulaga memberi efek mengurangi rasa nyeri alias analgesik. Caranya tumbuk buah kapulaga lalu direbus dan diminum airnya."

"Minum rebusan daun bunga merak (Caesalpinia pulcherrima) 3 kali sehari untuk mengurangi penyakit hepatitis. Bunga merak mengandung senyawa kimia saponin yang mengurangi gejala hepatitis."

"Gunakan daun kari (curry leaf) untuk mencegah rambut beruban. Rebusan daun kari dalam minyak kelapa maka minyak ini akan menjadi tonik rambut yang bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengembalikan pigmentasi rambut."

"Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."

"Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."

"Gunakan biji buah pepaya untuk menyembuhkan diare. Caranya ambil 7-10 butir biji pepaya dicuci bersih lalu dikunyah 1 kali sehari. Biji pepaya mempunyai daya antiseptik terhadap bakteri penyebab diare, yaitu Escherichia coli dan Vibrio cholera."

"Buah Nona (Annona reticulata) yang bentuknya mirip srikaya, bisa dimanfaatkan untuk obat diare atau disentri. Cara rebus batang buah nona yang kemudian air rebusannya diminum sehari sekali. Batang buah Nona mengandung Senyawa asetogenin."

"Rebus 2-3 kuntum bunga kecubung (Datura Fatuosa) dan gunakan air rebusannya untuk obat kompres rematik, bengkak, anus turun (prolapsusani), jamur kulit, bisul. Kecubung berkhasiat karena memiliki efek antiasmatik, antitusif, antirematik, analgesik, afrodisiak dan anestetik."

Saran Konsumsi Produk Herbal Nanotech
Rhizoma Brazilian Propolis: 3 x sehari @ 5 ~ 10 tetes ( larutkan dgn 25ml air)
Rhizoma AlfaPlus Chlorophyl: 3 x sehari 1 sachet (larutkan dgn air 150ml) jangan air panas
Rhizoma Spira Spirulina

Tidak ada komentar: