Rabu, 08 Desember 2010

Tips Menghindari Komplikasi Diabetes

 
Pilih Karbohidrat
Diabetes tidak berarti Anda harus memotong karbohidrat sepenuhnya. Pilih karbohidrat yang dapat hancur di dalam tubuh secara perlahan-lahan, memberikan energi yang stabil. Mencapai biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran segar dan buah-buahan. Ya, Anda boleh makan buah meskipun manis. Ini tentang memakan jumlah karbohidrat secara benar pada setiap makan. Seorang ahli diet dapat membantu Anda mempelajari berapa banyak yang tepat bagi Anda.

Menurunkan Berat Badan [Jika Diperlukan]
Mulai dari kecil. Hanya menurunkan 5 hingga 8 kg dapat menghindari risiko komplikasi diabetes Anda. Hal ini akan membantu anda menurunkan gula darah dan tekanan darah, dan meningkatkan lemak darah Anda. Anda juga akan memiliki lebih banyak energi. Siap? Bertujuan untuk membakar kalori lebih banyak dari yang Anda makan. Untuk memulai, coba untuk memotong satu makanan yang berlemak tinggi dari diet Anda seperti keripik atau kentang goreng.

Cukup Tidur
Menghemat tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan mendorong permintaan untuk makanan tinggi karbohidrat. Yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, meningkatkan risiko komplikasi seperti jantung dan penyakit ginjal. Jadi pastikan bahwa Anda bisa mendapatkan tidur selama tujuh atau delapan jam semalam. Jika Anda memiliki tidur apnea, dengan mengobatinya dapat memperbaiki tidur Anda dan menurunkan kadar gula darah Anda.

Aktif  Bergerak: Latihan dan Diabetes
Pilihlah sesuatu yang Anda sukai - berjalan, menari, bersepeda, atau hanya berjalan di tempat saat Anda sedang menelepon. Lakukan setengah jam sehari, lakukan itu jika Anda perlukan. Latihan dapat membantu Anda menurunkan risiko kardiovaskular, kolesterol, dan tingkat tekanan darah, dan menjaga berat badan Anda tetap turun. Olahraga juga dapat mengurangi stres dan dapat membantu Anda mengurangi pengambilan obat diabetes.

Monitor Gula Darah Harian Anda
Anda tahu bahwa Anda seharusnya memeriksanya. Dan benar-benar memeriksa kadar gula darah dapat membantu Anda menghindari komplikasi diabetes, seperti nyeri syaraf, atau menghindari mereka menjadi semakin buruk. Dengan memeriksanya juga dapat membantu Anda melihat bagaimana makanan dan aktivitas dapat mempengaruhi Anda, dan jika rencana pengobatan Anda bekerja. Dokter Anda dapat membantu Anda menetapkan berbagai sasaran tingkat glukosa Anda. Semakin dekat dengan sasaran Anda, semakin baik Anda akan merasakannya.


Kurangi atau Hindari Garam
Mengurangi garam dalam diet Anda. Dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi ginjal Anda. Dengan tidak mengasinkan makanan di piring Anda mungkin masih belum cukup. Sebagian besar garam dalam diet Amerika 'berasal dari makanan olahan. Hindari makanan enak dan gunakan bahan-bahan segar bila Anda bisa. Memberi rasa dengan bumbu dan rempah-rempah tetapi bukan garam sewaktu Anda memasak.

Resiko Penyakit Jantung dan Diabetes
Penyakit jantung bisa menjadi komplikasi diabetes serius. Mengawasi risiko Anda dengan memeriksa ABC ini:
A1C level. Ini adalah ukuran kontrol gula darah rata-rata Anda paling tidak untuk 2-3 bulan. Anda mungkin perlu memeriksanya dua kali atau lebih setahun. Bicara dengan dokter Anda tentang mengatur tujuan.
Blood pressure. Tujuan: di bawah 130/80 mm Hg.
Cholesterol. Tujuan: LDL di bawah 100 mg /dl, HDL di atas 40 mg /dl, dan trigliserida di bawah 150 mg /dl.

Rawat Benjolan dan Lebam
Diabetes meningkatkan resiko infeksi Anda dan memperlambat penyembuhan, maka secepatnya obati luka dan goresan kecil sekalipun. Membersihkan luka Anda dengan teliti dan gunakan krim antibiotik dan perban yang steril. Temui dokter Anda jika tidak lebih baik dalam beberapa hari. Periksa kaki Anda setiap hari apakah ada melepuh, luka, tukak, kemerahan, atau bengkak. Melembabkan mereka agar tidak retak.

Kurangi atau Hentikan Kebiasaan Merokok Anda
Orang dengan diabetes yang merokok tiga kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung daripada mereka yang tidak. Dengan berhenti akan membantu jantung dan paru-paru Anda. Ia dapat menurunkan tekanan darah dan risiko stroke, serangan jantung, kerusakan syaraf, dan penyakit ginjal. Tanyakan kepada dokter Anda tentang bantuan untuk berhenti merokok.

Pilih Makanan Super; Jangan Kaget
Tidak ada diet diabetes yang tunggal. Tapi di sini ada dasar yang perlu diingat: Nikmati makanan super seperti buah, ubi jalar, ikan dengan asam lemak omega-3, dan hijau gelap, sayuran berdaun. Lihat pada label makanan dan hindari lemak jenuh dan lemak trans. Sebaliknya, memilih yang mono dan lemak polyunsaturated seperti minyak zaitun. Seorang ahli diet yang terdaftar dapat memberi Anda nasihat pribadi.

Rutin Jadwalkan Kunjungan ke Dokter
Diharapkan untuk menemui dokter Anda 2-4 kali setahun. Jika Anda mengambil insulin atau memerlukan bantuan untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, Anda mungkin harus lebih sering mengunjunginya. Dan juga mendapatkan pemeriksaan secara fisik dan mata tahunan. Anda harus diskrining untuk kerusakan mata, syaraf, dan ginjal, dan komplikasi lainnya. Temui dokter gigi Anda dua kali setahun. Dan pastikan untuk memberitahukan kepada semua penyedia layanan kesehatan bahwa Anda menderita diabetes.

Hindari Stres
Bila Anda memiliki diabetes, stres dapat menyebabkan kadar glukosa darah Anda naik. Singkirkan tekanan fisik atau mental apa pun yang Anda bisa. Belajar teknik mengatasi untuk berhadapan dengan yang lain. teknik relaksasi seperti latihan pernapasan, yoga, dan meditasi dapat sangat efektif jika Anda memiliki diabetes tipe 2.

 
Saran Konsumsi Produk Herbal Nanotech:  Rhizoma Brazilian Propolis

SARAN PENYAJIAN & KONSUMSI

Teteskan Rhizoma Brazilian Propolis ke dalam ¼ gelas air putih dan aduk rata, dengan dosis:
·         Dewasa: 3 – 5 tetes, 1 – 3 kali sehari (dosis pemeliharaan) dan 7 – 10 tetes, 3 – 5 kali sehari (dosis penyembuhan)
·         Anak-anak: 1 – 3 tetes, 1 – 3 kali sehari
Untuk penyembuhan luka luar, oleskan Rhizoma Brazilian Propolis pada luka secara merata.

Tidak ada komentar: