Sabtu, 28 Mei 2011

CARA ALAMI (HERBAL) ATASI NGOMPOL PADA ANAK

Ngompol adalah kebiasaan buruk yang biasanya terjadi pada anak anda dan kadang membuat anda kerepotan mengatasinya. Masalah umum yang menyerang anak-anak umur balita. Biasanya anak perempuan berhenti ngompol pada usia 6 tahun dan anak laki-laki pada usia 7 tahun. Mengatasi kebiasaan ngompol pada anak bukan perkara yang mudah, akan tetapi hal ini akan semakin mudah diatasi jika orang tua dan anak bekerja-sama dengan mengajar anak dengan cara yang baik diharapkan anda akan mampu mengatasi ngompol sang anak tanpa menimbulkan sifat yang rendah diri pada mereka.

Faktor penyebab:
Keluarnya urin yang tertahan dalam kandung kemih akibat adanya kontraksi pada otot kandung kemih. Mengompol biasanya terjadi ketika seorang anak tengah tertidur pulas. Pada saat tidur pulas, semua otot termasuk otot kandung kemih dalam kondisi rileks. Akan tetapi, sedikit saja terjadi kontraksi yang tidak terkontrol pada otot ini akan menyebabkan urin keluar begitu saja tanpa disadari.

Gejala:
Istilah kedokterannya adalah ENURESIS  yaitu keluarnya urin tanpa disadari saat tidur.

Investigasi dan Penanggulangannya:
Mencari tahu kemungkinan penyebabnya dengan melakukan tes urin atau bila perlu dengan melakukan x-ray. Cara mengatasi ngompol yang pertama adalah dengan membiasakan pipis sebelum tidur. Dengan cara ini, anak anda akan terbiasa untuk melakukan hal yang baik sehingga dia akan mampu untuk mengurangi kebiasaan ngompolnya yang kadang membuat anda repot. Kebiasaan buruk ini bisa diatasi apabila anda mau untuk memberikan dukungan moril pada sang anak. Dukungan moril yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak menyalahkan dia dengan kebiasaan ini. Anda harusnya bisa memberinya motivasi yang baik agar dia punya kemauan dan ber-usaha keras untuk berhenti dari kebiasaan ini. Pemberian obat dari dokter terus-menerus juga tidak akan baik untuk kesehatannya. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan ketergantungan yang akan berpengaruh pada kesehatannya. Selain herbal, anda juga bisa memberikan pujian jika anak anda tidak ngompol. Untuk mengatasi ngompol, anda bisa menjelaskan kalau hal ini bukanlah kesalahan mereka. Selain itu, anda juga bisa membiasakan untuk memintanya bilang dulu sebelum dia mau kencing. Dengan hal ini, kebiasaan ngompol akan berkurang dan dia tidak akan merasa rendah diri dengan kebiasaan buruk yang dia hadapi saat ini. Jika anak anda suka sekali minum, cobalah untuk mengurangi kebiasaan minum di malam hari. Dengan hal ini, kemungkinan dia untuk pipis akan kecil sehingga dia tidak akan ngompol. Memberikan obat herbal adalah cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ngompol anak anda. Ramuan herbal ini bisa dibuat dengan mudah sehingga anda tak perlu membawanya ke dokter.


Pengobatan Tradisional:
1. Ambil 10gr tulang cumi = 5 butir ginkgo biloba (dipecahkan kulitnya lalu ambil isinya), keduanya disangrai dengan air garam secara terpisah lalu sisihkan. Tambahkan 2 butir cengkeh + 1/2 jari kayu manis + 5 butir angco (kurma Tiongkok), semua bahan direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Diminum saat hangat-hangat kuku.

2. Ambil 30gr akar tumbuhan Rosa multifona Thumb dimasak dengan daging sapi has sampai dagingnya matang. Air hasil rebusannya diminumkan kepada anak dan dagingnya juga diberikan untuk dimakan.

3. Ambil 10gr biji kucai + 5 butir ginkgo biloba (dipecahkan kulitnya lalu ambit isinya, disangrai dengan air garam sampai kekuningan), direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc. Airnya diminum saat hangat-hangat kuku.

4. Ambil sebutir telur ayam kampung segar, lalu lubangi salah satu ujungnya dan masukkan 7 butir lada ke dalamnya. Tutup lubang tadi dan rebus atau kukus sampai matang. Berikan pada anak yang suka ngompol.

Catatan:
- Pilih salah satu resep dari beberapa resep yang tersedia.
- Setiap formula digunakan untuk 2 kali proses perebusan(kecuali untuk no.4)
- Hasil rebusan dapat diminum saat pagi sesudah makan dan malam hari sebelum tidur.
- Ginkgo biloba atau pek ko dan biji kucai dapat dibeli di toko obat cina.
- Tumbuhan Rosa multifona Thumb atau chiang wui dapat juga dibeli di toko obat cina

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Pustaka
Tanaman Obat Untuk Penyakit Anak

2 komentar:

Momsbabykidz mengatakan...

Melindungi anda dan anak-anak anda dari debu tungau. Tungau ini hidup dari memakan serpihan sel kulit mati manusia. Mereka mengeluarkan kotoran setiap hari dalam bentuk debu tungau yang sangat halus. debu tungau dapat menyebabkan anak pilek terus2an(pilek krn alergi debu tungau).

SPREI ANTI AIR, BAHAN HALUS, ECERAN & GROSIR Rp. 145.000 | 0852 67280067 pin BB 26B93078

Momsbabykidz mengatakan...

Melindungi anda dan anak-anak anda dari debu tungau. Tungau ini hidup dari memakan serpihan sel kulit mati manusia. Mereka mengeluarkan kotoran setiap hari dalam bentuk debu tungau yang sangat halus. debu tungau dapat menyebabkan anak pilek terus2an(pilek krn alergi debu tungau).

SPREI ANTI AIR, BAHAN HALUS, ECERAN & GROSIR Rp. 145.000 | 0852 67280067 pin BB 26B93078