Minggu, 04 November 2012

11 TANAMAN HERBAL DAPAT MENCEGAH DAN MENGOBATI DIABETES


11 Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes berikut ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang menderita diabetes.  Selain secara medis, sejak zaman kuno berbagai ramuan alami sebenarnya sudah digunakan untuk mengobati diabetes. Hingga saat ini diabetes masih jadi penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang siapa saja, terutama diabetes tipe 2. Bahkan kini diabetes tak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Penelitian ilmiah telah menegaskan efektivitas beberapa tumbuh-tumbuhan tertentu untuk mengatasi diabetes.

1. Lidah buaya
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Lidah Buaya. Lidah buaya kerap dianggap sebagai ‘ramuan penyembuh’. Getah kering lidah buaya dan gel (bagian dalam daun) digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes karena diyakini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan HbA1c..  

2. Bawang putih
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah bawang putih. Bawang putih dianggap sebagai ramuan terbaik untuk  menurunkan gula darah serta perbaikan sel-sel pankreas dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Ini telah terbukti dalam berbagai penelitian, namun sayang masih banyak yang tidak memanfaatkannya.

3. Fenugreek
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Fenugreek. Fenugreek adalah sejenis tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di Asia dan sering digunakan oleh masyarakat India sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini punya kemampuan untuk mengontrol kadar glukosa darah dan telah banyak digunakan untuk mengendalikan diabetes.

4. Kayu manis
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah Kayu manis. Kayu manis berkhasiat membuat sel-sel lemak lebih mudah diakses insulin dan meningkatkan konversi glukosa menjadi energi. Selain itu juga menghambat pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

5. Daun mangga
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah daun mangga. Daun Mangga diketahui sebagai obat yang efektif pada diabetes . Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

6. Kemangi
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah kemangi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kemangi memiliki efek positif pada glukosa setelah makan dan saat puasa. Ramuan ini dapat memfasilitasi proses sekresi insulin.

7.Ginseng Asia
Tanaman Herbal Bagi Penderita Diabetes adalah ginseng asia. Ginseng Asia umumnya digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati diabetes. Tumbuhan ini mempunyai efek langsung dalam menurunkan gula, meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan jumlah reseptor insulin.

8. Blueberry
Penelitian di University of Michigan Cardiovascular Center menunjukkan bahwa mengonsumsi dua persen kalori harian dari Blueberry dalam waktu 90 hari mampu menurunkan lemak di perut. Tak hanya itu, blueberry juga meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan tingkat gula dalam darah.

9. Buncis
Buncis memiliki serat yang sulit dicerna. Ini berarti sistem pencernaan harus bekerja lebih keras dan membakar kalori lebih banyak. Selain itu, GI rendah dalam buncis tidak akan mempengaruhi tingkat gula dalam darah. Anda bisa mengonsumsi buncis untuk menggantikan makanan dengan tingkat GI tinggi seperti nasi putih.

10. Kacang
Semua jenis kacang sangat efektif digunakan untuk menurunkan berat badan dan mengontrol tingkat gula dalam darah. Kacang yang kaya akan asam lemak omega-3 juga mampu menurunkan gula darah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi walnut setiap hari mampu mengurangi tingkat gula darah hingga delapan persen.

11. Cabe merah
Cabe merah yang kaya capsaicin membantu Anda untuk membakar lemak, kalori, dan meningkatkan metabolisme. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi cabe merah selama 10 minggu bisa menurunkan risiko obesitas dan meningkatkan ketahanan insulin.

SeMoGa BeRmAnFaAt......

2 komentar:

khairil abdullah mengatakan...

Sangat informatif, thanks

dono susilo mengatakan...

Terimakasih,sangat membantu