Selasa, 04 Desember 2012

STRATEGI BARU MENURUNKAN KOLESTEROL TINGGI


Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko mengembangkan atherosclerosis, penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kabar baiknya, kita dapat menurunkan resiko ini dengan menjaga makanan. Jika penyumbatan arteri sudah dimulai, kita dapat memperlambat laju perkembangannya. Dengan modifikasi gaya hidup yang sangat cermat, kita bahkan dapat menghentikan atau membalikkan penyempitan arteri.
Kendati pilihan makanan yang teapt dan modifikasi gaya hidup ini sangat penting bagi semua orang yang beresiko penyakit jantung, yang terutama lebih penting lagi adalah bagi yang pernah mendapat serangan jantung dan/atau mendapat prosedur untuk memulihkan aliran darah ke jantung atau area tubuh lainnya seperti angiplasty, operasi bypass atau oparasi carotid. Berikut, diet yang tepat untuk mencegah kolesterol tinggi sehingga terhindar dari penyakit jantung.
Makan yang baik termasuk cara yang sangat kuat untuk menurunkan atau bahkan mengeliminasi beberapa faktor resiko. Menjalani diet jantung sehat dapat membantu menurunkan total kolesterol dan kolesterol jahat LDL, menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, dan mengurangi berat badan.
Sebagian program diet memberi tahu apa yang tak boleh dimakan, dan biasanya merupakan makanan favorit Anda, tapi ada strategi nutrisi yang lebih ampuh, yaitu membantu Anda fokus pada apa yang boleh dimakan. Riset penyakit jantung menunjukkan, menambahkan makanan sehat untuk jantung sama pentingnya dengan mengurangi makanan lainnya
Perbanyak makan sayuran, buah-buahan, padi-padian utuh, dan polong-polongan
Hasil bumi yang merupakan keajaibanalam ini benar- benar merupakan strategi ampuh untuk memerangi jantung.

Pilih lemak secara bijak
Selalu ingat tujuan ini: batasi total lemak, nyaris minimum dalam konsumsi lemak jenuh atau lemak-lemak trans (contohnya lemak yang terdapat di dalam margarin,salad dressing, dessert siap beli). Jika menambahkan lemak, gunakan lemak yang mengandung tinggi asam lemak tak jenuh tunggal (monunsaturated fat seperti yang terdapat di dalam minyak zaitun dan minyak kacang tanah).

Makan berbagai jenis protein dalam jumlah tepat
Makanan protein yang umum dimakan seperti daging, produk susu, termasuk faktor yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Turunkan faktor resiko nutrisional ini dengan menyeimbangkan sumber protein hewan, ikan dan sayuran.

Batasi konsumsi kolesterol
Kolesterol makanan dapat menaikkan kadar kolesterol darah, terutama pada orang-orang yang beresiko tinggi. Membatasi kolesterol makanan mempunyai nilai tambah: Anda juga mengurangi lemak jenuh karena kolesterol dan lemak jenuh biasanya ditemukan pada makanan yang sama.
Dapatkan energi dengan makan karbohidrat kompleks (pasta gandum, nasi beras cokelat, roti gandum) dan batasi karbohidrat sederhana. Jika punya kolesterol tinggi, karbohidrat sederhana ini dapat memperburuk kondisi dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Makan secara teratur
Melewati makan (misalnya tidak makan pagi atau tidak makan siang) sering menyebabkan makan berlebihan. Bagi sebagian orang, makan 5 sampai 6 kali dalam porsi mini dapat membantu mencegah ingin makan atau ngemil, membantu mengendalikan gula darah, dan mengatur metabolisme. Pendekatan ini mungkin tidak efektif untuk orang-orang yang terdorong makan berlebihan setiap kali terekspos makanan. Untuk orang-orang seperti ini, makan 3 kali sehari dengan menu seimbang merupakan pendekatan yang lebih baik.
Kurangi intake garam
Langkah ini dapat membantu mengendalikan tekanan farah.

Olahraga
Tubuh manusia diciptakan untuk aktif. Olahraga menguatkan otot jantung, memperbaiki aliran darah, mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan membantu mengendalikan gula darah dan berat badan.

Minum air putih
Air sangat penting untuk hidup. Minum cukup membuat kita merasa lebih berenergi dan mengurangi makan. Minum 1 sampai 2 liter air setiap hari kecuali bagi yang intake cairannya dibatasi.

Nikmati setiap suap
Motto Anda hendaknya peningkatan makanan, bukan pelaparan. Jika Anda menikmati makanan yang Anda makan, Anda merasa lebih positif tentang hidup yang lalu membantu Anda merasa lebih baik dan berkemungkinan lebih kecil makan berlebihan.

Daftar panduan contoh porsi.
Saat menjalani program makan untuk jantung sehat, pastikan untuk mengetahui takaran saji. Berikut, beberapa panduan.
Makanan/Jumlah
Penyajian/Penukaran
Ukuran
1 cup nasi atau pasta matang 2 zat tepung Bola tenis
1 iris roti 1 zat tepung Kotak compact disc
1 cup sayuran mentah atau buah 1 buah atau sayuran Baseball
½ cup sayuran matang atau buah 1 buah atau sayuran 1 kepalan
1 ons keju 1 protein tinggi kenaj Sepasang dadu
1 sendok the minyak zaitun 1 lemak Setengah dolar
3 ons daging matang 1 protein 1 tumpuk kartu atau kaset tape
½ cup tahu 1 protein 1 tumpuk kartu atau kaset tape


Saran Konsumsi Produk Herbal Nanotech
Rhizoma Brazilian Propolis : 3 x sehari @ 5 ~ 10 tetes ( larutkan dg 25ml air)
Rhizoma AlfaPlus Chlorophyl : 3 x sehari @ 1 sachet ( larutkan dg 200ml air) jangan air panas
Sumber: Tabloid Aura

Tidak ada komentar: