Jumat, 08 Februari 2013

DAUN SUKUN UNTUK OBAT HERBAL


Daun yang memiliki bentuk lebar serta keras ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. sangat efektif mengobati beberapa penyakit kronis seperti penyakit liver, hepatitis sakit gigi, gatal-gatal,  dan penyakit jantung. Manfaat daun sukun dapat mengobati berbagai macam penyakit tersebut karena daun sukun mengandung beberapa unsur seperti asam hidrosianat, asetilcolin, ribofavlin, tannin, dan beberapa senyawa lainnya. Secara empiris daun sukun juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan ginjal,  penyakit jantung, asam urat dan kolesterol.

Berbagai riset di mancanegara dan tanahair belakangan menunjukkan fakta bila Artocarpus altilis multikhasiat. Hasil penelitian Fita Dwi Amira dari Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia menunjukkan ekstrak daun sukun yang terdiri dari flavonoid 30% bersifat tidak toksik. Pemberian ekstrak daun sukun dosis tinggi 16,67 gram ekstrak/kg bobot badan pun tidak menimbulkan kematian terhadap hewan uji. Riset di mancanegara juga memperlihatkan kelebihan lain daun sukun. Yu Wang, Kedi Xu, Lin Lin, Yuanjiang Pan, Xiaoxiang Zheng dari Departemen Rekayasa Biomedis, Universitas Zhejiang, China, mengidentifikasi flavonoid geranyl daun sukun sebagai antikanker. Mereka menguji senyawa geranyl dihydrochacones pada sel kanker paru, kolon, dan lever. Hasil riset menunjukkan senyawa yang diisolasi dalam bentuk minyak berwarna kekuningan paling potensial sebagai lawan tanding kanker paru-paru dan kolon.

Riset in vitro Song Chwan Fang dan rekan di Chung Hwa University of Medical Technology, Taiwan, mengungkap ada 3 turunan geranyl chalcone baru yang terdapat di daun sukun. Ketiganya adalah isolespeol, 5′-geranyl-2′,4′,4-trihydroxychalcone, dan 3,4,2′,4′-tetrahydroxy-3′-geranyldihydrochalcone. Isolespeol berfungsi merangsang apoptosis atau program bunuh diri sel yang sangat berguna sebagai antikanker.
Berikut cara membuat Ramuan Herbal-nya:

ASAM URAT

Bahannya :
- 15 gr daun Sukun yang telah dikeringkan (ambil daun sukun segar, cuci sampai bersih, rajang dan angin-anginkan sampai kering)
- Segenggam daun Greges Otot.
- Madu atau Gula Batu secukupnya
- 1 gelas air mendidih

Cara membuatnya :

Seduh daun Sukun, lalu saring. Setelah dingin, bila perlu, campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali sehari selama sepuluh hari.

 
Jenis kelamin mempengaruhi jumlah angka sehat, rentangnya     adalah:
Jenis Kelamin
Angka Sehat (ASAM URAT)
Pria
3,7 - 7,6 mg/dl
Wanita
2,5 - 6,0 mg/dl


PENURUN KOLESTEROL

Bahannya :
- 15 gr daun Sukun kering
- 15 gr bubuk Bangle
- Madu atau Gula Batu secukupnya
- 1 gelas air mendidih

Cara membuatnya :

Seduh kedua bahan tersebut diatas, saring, setelah dingin dan bila dianggap perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini sekali dalam sehari, selama 14 hari.

Kolesterol   :LDL (Low Density Protein). Biasa disebut kolesterol jahat. Kolesterol ini yang membuat penyumbatan pada pembuluh darah. Rentang angka sehatnya adalah:
Angka
Keterangan
              kurang dari 159
Sehat, semakin kecil berarti semakin baik
159
Batas normal tertinggi
160 - 189
Tidak sehat, sebaiknya ubah pola makan dan gaya hidup
lebih dari 190
Sangat tidak sehat, karena berisiko terkena stroke atau penyakit jantung

 HDL (High Density Protein). Kebalikan dari LDL, ini merupakan kolesterol baik karena akan membawa kolesterol yang ada pada pembuluh darah ke hati yang selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh. Akan semakin baik bila tubuh memiliki banyak kolesterol baik. Rentang angka sehatnya adalah:
Angka
Keterangan   
kurang dari 40
Tidak sehat
lebih dari
 60
Sehat
 Total Kolesterol    Yaitu jumlah antara kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Rentang angka sehatnya adalah:
Angka
Keterangan
kurang dari 200
Sehat
200 - 239
Hati-hati
                lebih dari 240
Tidak sehat, upayakan untuk memperbanyak kadar HDL dan turunkan LDL

Trigliserida (TG). Yaitu lemak yang berasal dari makanan yang dikonsumsi, misalnya dari makanan berlemak atau makanan berkarbohidrat tinggi. Rentang angka sehatnya adalah:
Angka
Keterangan
kurang dari 150
Sehat
150 - 199
Hati-hati
200 - 499
Tidak sehat, batasi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak makanan berserat
lebih dari 499
Sangat tidak sehat. Konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang baik.


GANGGUAN GINJAL

Bahannya :
- 15 gr daun Sukun kering
- Madu atau Gula Batu secukupnya
- 1 gelas air mendidih

Cara membuatnya :
Seduh bahan tersebut diatas, saring, setelah dingin dan bila dianggap perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari.

 
NOTE: Sebaiknya perebusan menggunakan periuk tanah atau panci kaca. Dan selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang keras mengkonsumsi sayur Bayam, daun Singkong, daging merah, Jeroan dan Kangkung.

Tidak ada komentar: