Jumat, 01 Februari 2013

PENGHANCUR BATU GINJAL


Semua berawal dari likopen. Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi diibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Buah semangka dengan penampilan yang sangat menarik, baik bentuk maupun warnanya. Saat dibelah warna merah merona atau kuning menawan mengundang gairah untuk segera menikmatinya.

Buah ini menjadi pelengkap yang disukai banyak orang, baik disajikan sederhana secara alami, dijadikan pelengkap sop buah, atau dijadikan jus. Semangka ini sangat cocok dimakan sebagai penghilang dahaga dimana cuaca saat terik. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia. Hari ini, kita tahu bahwa yang sudah dikubur jelas tidak bisa lagi menikmati nutrisi semangka. Kitalah yang berhak menikmati lezatnya dan betapa bergizinya buah yang satu potongnya sama fungsinya dengan segelas air tersebut. Tapi ingat, ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah/kuningnya saja.

Apa saja fungsi semangka?

1. Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.
2. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
3. Semangka juga mempergiat kerja jantung
4. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
5. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
6. Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam
7. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh


Antioksidan

Semangka atau dalam bahasa latin Citrallus lanatus merupakan sumber alami antioksidan kuat yang disediakan oleh kekayaan alam sebagai sumber yang baik bagi antioksidan pada vitamin C dan A sebagai pelindung dari berbagai penyakit. Selain itu dapat mengurangi resiko dehidrasi.

Semangka mengandung sekitar 6% gula alami dan 93,4% air. Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin A, B6, dan C yang merupakan sumber senyawa pada thiamin, kalium, magnesium, dan sejumlah besar citrulline --asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daging semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0.5%, karbohidrat 5,3%, lemak 0,1%, serat 0,2%, abu 0,5%, dan vitamin (A, B dan C). Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin (C6 H12 N3 O3), asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen (C40 H56), Karoten, bromin dan sukrosa.

Biji semangka memiliki zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20-45%, protein 30-40%, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin sehingga pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Kulit, daging, dan biji semangka memiliki banyak manfaat. Kandungan air yang banyak dihasilkan dari zat yang terdapat dalam buah semangka berfungsi sebagai anti racun dalam tubuh dan mengandung air sehingga dapat menyehatkan tubuh manusia.

Yang sangat menarik lagi, daging buahnya yang manis rasanya menyegarkan tenggorokan di sela sela sedang merasa haus. Semangka juga memiliki daya tarik-menarik ke meridian jantung, lambung, dan kandung kemih.

Atasi Batu Ginjal

Biji semangka rasanya manis, sifatnya netral. Semangka berkhasiat pada penyakit diuretik, antiradang, membersihkan usus, terutama dapat menyembukan penyakit berbagai penyakit yang jenis keluhan terdapat batu pada organ tubuh manusia seperti batu ginjal, berbagai penyakit pada saluran pencernaan.

Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi dan dapat membantu kerja jantung dan menornalkan tekanan darah. Likopen merupakan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.

Bagi anda yang memiliki keluhan batu ginjal (batu pada empedu) dan berbagai penyakit yang tertera di atas dapat mencoba juice semangga (terutama kulit semangka) secara rutin pagi hari sebelum makan juga sebelum tidur.

Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca dalam membantu penyembuhan penyakit batu ginjal juga batu empedu. Selamat mencoba pengobatan ini dengan mengkonsumsi juice kulit, biji, dan buah semangka secara rutin.

Ketuklah pada lapisan luar buah semangka tersebut jika terdengar bunyi ketukan maka semangka itu baik untuk dikonsumsi.


Semoga bermanfa'at ......

Tidak ada komentar: