Kamis, 25 April 2013

JENIS TANAMAN OBAT DAN KHASIATNYA


Dadap Serep

Tanaman obat ini yang digunakan adalah daunnya yang memiliki fungsi untuk mengobati luka. Caranya:  Dihaluskan lalu ditempelkan dibagian tubuh yg luka.Selain itu Juga berfungsi untuk;

Melancarkan ASI: Beberapa helai daun dadap serep diremas. Lalu diseduh dengan 1 gelas air. Minum ramuan ini 1x sehari
Sakit Kepala: Beberapa helai daun dadap serep diremas, lalu diborehkan ke dahi 
Mencegah Keguguran: Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk, lalu diborehkan tebal-tebal pada perut. Ganti ramuan ini 3x sehari.
Perut Mulas: Daun dadap serep dilayukan di atas api, taruh di atas perut atau Beberapa helai daun dadap serep, beberapa lembar daun sosor bebek ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu, borehkan ramuan ini ke perut.

Brotowali

Tanaman obat ini yang digunakan adalah batangnya yang memiliki fungsi untuk mengobati penyakit kulit, caranya : Ditumbuk lalu ditempelkan dibagian yang terluka. Selain itu juga berfungsi untuk obat :
1.       Rheumatic arthritis, rheumatik sendi pinggul dan memar.Caranya: Direbus dengan sedikit gula Lalu Airnya Diminum
2.       Demam, merangsang nafsu makan, demam kuning.Caranya: Direbus dengan sedikit gula Lalu Airnya Diminum
3.       Kencing manis. Caranya: Direbus dengan sedikit gula Lalu Airnya Diminum

Tapak Kuda

Tanaman obat ini yang digunakan adalah daunnya yang memiliki fungsi untuk memperlancar air seni. caranya : Direbus lalu airnya di minum.







Sambung Nyawa

Tanaman obat ini yang digunakan adalah daunnya yang memiliki fungsi untuk mengobati sakit kanker atau mengandung zat anti kanker.










Strawbery

Tanaman obat ini yang digunakan adalah buahnya yang memiliki fungsi untuk mengobati sariawan. caranya : Buahnya dapat langsung dimakan.
Khasiat Strawberry:
1.      Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
2.      Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut
3.      Strawberry dapat meredam gejala stroke
4.      Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang
5.      Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah
6.      proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan)
7.      Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak
8.      Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes
9.      Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput
10.  Strawberry dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi
11.  Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi
12.  Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent
13.  Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare
14.   Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bias terpenuhi

Ingu

Tanaman obat ini yang digunakan adalah daunnya yang memiliki funsi untuk mengobati pusing kepala. caranya : Direbus lalu airnya diminum.
Khasiat Daun Inggu :
Kejang-kejang: Kompres, cuci muka atau mandi dengan rebusan daun inggu (sebagai obat penenang).
Kudis: Cuci luka dengan air rebusan daun inggu.
Sakit gigi: Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, pakai untuk kumur beberapa kali.
Demam masuk angin: Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, minum. Pegal pegal. Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, minum.
SakitLever:  Daun inggu 25 g direbus bersama 15 g brotowali dan 10 g kunyit hingga airnya menjadi separonya. Minum secara rutin 3 kali sehari untuk  menyembuhkan gangguan lever (sakit kuning)atau, sepertiga genggam daun inggu,direbus, 3 gelas jadi 1,5 gelas. Tambahkan gula batu. Minum sehari 2 x ¾ gelas.

Daun Seribu

Tanaman obat ini yang digunakan adalah herbal atau daunnya yang memiliki fungsi untuk mengobati rasa nyeri waktu datang bulan dan sakit perut. caranya : Direbus lalu airnya diminum.
Gangguan syaraf: Daun Seribu kering 30 g; Air 2 gelas,  Daunnya  direbus hingga cairannya tinggal 1 gelas, Diminum setiap jam
Gangguan pencernaan: Daun Seribu ditumbuk halus 1 sendok makan; Madu 1 sendok makan, Keduanya diaduk menjadi satu, Sehari minum 3 kali; tiap kali minum 1 cangkir; setiap hari hendaknya makan buah pepaya.

Daun Iler

Tanaman obat ini yang digunakan adalah daunnya yang berfungsi untuk mengobati ambeyen. caranya : Direbus lalu airnya diminum.
Daun Iler ini memiliki efek farmakologis seperti obat cacing. Untuk mengatasi cacing gelang, daun Iler diambil sebanyak tujuh lembar, lalu dicuci, dan digiling halus. Tambahkan air setengah cangkir dan sesendok makan madu



Alfalfa (Medicago Sativa L.) yang dikenal sebagai “Father of Foods” (Bapak dari Semua Makanan) selain kaya akan kandungan mineral, vitamin, karbohidrat, protein, asam amino dan serat tumbuhan, juga memiliki kadar klorofil yang tinggi sehingga banyak dipakai dalam industri ekstraksi klorofil.

Klorofil (Chlorophyll) berasal dari bahasa Yunani “Chloros” (hijau) dan “Phyllum” (daun). Kemiripan antara struktur molekul klorofil dengan sel darah merah manusia (hemoglobin), menjadikan Klorofil sebagai molekul yang secara alami dapat diterima dengan sangat baik oleh tubuh dan memainkan peranan penting dalam menutrisi tubuh. Konsumsi klorofil, akan meningkatkan jumlah sel darah merah dengan sangat cepat sehingga pasokan energi dalam tubuh dapat terus menerus terjamin.

Klorofil Alfalfa Sebagai Pengikat Lemak
Menurut Leenawati Limantara, M.Sc.,Ph.D. (Pakar Klorofil Indonesia), Klorofil memiliki ekor fitol yang bersifat hidrofobik (anti air), sehingga Klorofil memiliki kemampuan mengikat lemak yang selanjutnya dikeluarkan melalui sistem ekskresi tubuh.

Dr. Alsuhendra, M.Sc. (Peneliti IPB) membuktikan bahwa konsumsi Klorofil dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah karena klorofil mampu mengikat lemak. Selain itu klorofil juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Klorofil Alfalfa Sebagai Antioksidan & Pencegah Kanker
Klorofil secara invitro telah diketahui dapat menetralisir radikal bebas dan konsumsi Klorofil dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh zat-zat yang bersifat karsinogen (penyebab kanker) seperti bahan kimia pada makanan, pengawet makanan, pewarna sintetik, asap kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.


Aloe Vera (Lidah Buaya) adalah tanaman multifungsi karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Aloe Vera mengandung 75 macam zat aktif potensial yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin (A, B1, B2, B3, B6, B12, C dan E), Mineral (Ca, K, Mg, Zn, P, Na, Fe), Asam Amino (Leucine, Isoleucine, Methionine, Phenylalanine, Asam Glutamat) dan senyawa Glukosida Antraquinon (Aloin dan Emodin) yang berfungsi sebagai anti bakteri dan colon cleanser (pembersih usus besar)

Aloe Vera Membantu Penurunan Berat Badan
Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam Aloe Vera akan membantu proses pembakaran lemak yang berlebihan. Konsumsi Aloe Vera akan meningkatkan ketersediaan Vitamin B12 dan vitamin serupa lainnya yang diperlukan dalam metabolism tubuh, sehingga penggunaan energy tubuh lebih efisien dan juga mengurangi rasa lapar.

Aloe Vera Sebagai Colon Cleanser
Serat Hemiselulose dalam Aloe Vera memiliki tekstur seperti gel yang akan membantu pergerakan usus untuk membuang semua racun dan zat-zat tidak berguna (sisa pencernaan makanan dalam usus besar) serta melicinkan jalan keluarnya kotoran. Colon Cleansing (pembersih usus besar) akan menyebabkan buang air besar menjadi teratur sehingga akan meningkatkan kesehatan secara umum.

Aloe Vera Mengatasi Penyakit Jantung
Berdasarkan penelitian, konsumsi Aloe Vera berpengaruh terhadap akumulasi lipid darah yang terkait dengan penyakit. Subjek uji yang diberi Aloe Vera menunjukkan penurunan jumlah kolesterol darah, trigliserida, dan fosfolipid.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian 10 ml atau 20 ml Aloe Vera secara oral setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol total sekitar 15%, Low Density Lipoprotein (LDL) kolesterol sekitar 18%, dan trigliserida sekitar 25% sampai 30% pada orang hyperlipidemia

Tapak Dara

Tanaman obat ini yang digunakan adalah bunga dan daunnya yang memiliki fungs untuk obat tekanan darah tinggi.
Caranya : Direbus lalu airnya diminum.
Diabetes: Lima lembar daun tapak dara diseduh dengan satu gelas air mendidih. Diamkan hingga dingin. Kemudian minum.
Hipertensi: Daun tapak dara kering sebanyak 6-15 gram direbus. Setelah dingin, minum.
Leukemia: Rebus lima gelas air dengan 15 gram tanaman tapak dara yang telah dicuci bersih di api kecil hingga tersisa 1-2 gelas. Setelah dingin, saring ramuan dan minum beberapa kali hingga habis dalam satu hari.
Luka baru: Lima lembar daun tapak dara ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada luka baru.
Bisul atau bengkak: Tumbuk hingga halus satu genggam daun tapak dara. Tempelkan pada bagian yang bengkak atau bisul

Bayam Merah

Tanaman obat ini yang digunakan adalah daunnya yang memiliki fungsi untuk menambah darah.
Caranya : Direbus, lalu airnya diminum.
Khasiat Lainnya  :
- Meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan
- Akar Bayam Merah berkhasiat sebagai obat disentri
- Bayam termasuk sayuran berserat yang dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar.
Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol, darah tinggi dan menurunnya berat badan.

Bunga Matahari

Khasiat dari tanaman ini
Bunga : antipiretik, hipotensif, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa nyeri (analgetik), nyeri haid (dysmenorrhoe), nyeri lambung (gastric pain), sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, tekanan darah tinggi, radang payudara (obat luar), radang persendian (obat luar), kosmetik (mencegah penuaan dini), dan sulit melahirkan.
Akar : Anti inflamasi, analgesik, antitusif, diuretic, batuk, batu ginjal, bronkhitis, keputihan (leucorrhoe), anti radang, peluruh air seni, pereda batuk, dan menghilangkan nyeri.
Daun : Anti inflamasi, analgesik, antipiretik, anti radang, mengurangi rasa nyeri, dan anti malaria.
Biji : Anti dysentery, membangkitkan nafsu makan, lesu, sakit kepala, , disenteri berdarah, merangsang pengeluaran cairan tubuh (hormon, enzym, dll.), merangsang pengeluaran campak (measles).
Sumsum dari batang dan dasar bunga (reseptaculum) : Merangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengeluaran air kemih, menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kemih, nyeri lambung, air kemih bedarah (hematuria), ari kemih berlemak (chyluria), kanker lambung, kanker esophagus dan malignant mole.

Keji Beling

Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”. Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaannya sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol. Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal. Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur

Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata), adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika. Genus Andrographis memiliki 28 spesies herba, namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah Andrographis paniculata (sambiloto). Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oleh Gorter pada tahun1911. Andrographolide memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu. Sambiloto telah lama dikenal memiliki khasiat medis. Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan India kuno yang mencantumkan sambiloto sebagai herba medis, dimana sambiloto disebut dengan nama Kalmegh pada Ayurveda. Selain berkhasiat melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

Daun Encok

Tanaman obat ini yang digunkan adalah daunnya yang memiliki fungsi untuk :
1.       Obat encok
2.       Sakit pinggang
3.       Ruam ototCaranya : Ditumbuk, Lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka
4.       Gangguan Kecing, Caranya : Daun ditambah adas pulosari digiling dan digosokkan di atas perut, terutama di atas tempat kandung kencing
5.       Sakit Kepala.Daun diberi minyak, dilayukan kemudian diletakkan di belakang Daun  telingga atau pelipis

2 komentar:

HERBAL KITCHEN ENOS mengatakan...

wah, postingan herbalnya kompliy bnget mas...
kunjungan balik ya, di tunggu lho

Unknown mengatakan...

Wahhh bagus banget postinganya