Rabu, 10 Maret 2010

Tidur [Sleep]

Saat Kita Tidur...

Ketika Anda tidur, tubuh Anda beristirahat dan memulihkan tingkat energi. Namun, tidur adalah suatu aktifitas yang mempengaruhi fisik dan mental Anda kesejahteraan.Tidur nyenyak seringkali merupakan cara terbaik untuk membantu Anda mengatasi stres, memecahkan masalah, atau sembuh dari penyakit. Tidur adalah siklus alami didorong oleh aktivitas di otak dan terdiri dari dua negara bagian dasar: gerakan mata cepat (REM= Rapid Eye Movement -) tidur dan (NonREM) tidur, yang terdiri dari Tahapan 1 sampai 4. Sewaktu kita tidur, siklus tubuh kita antara [non-REM] dan tidur [REM]. Biasanya, orang memulai siklus tidur dengan periode tidur non-REM diikuti oleh yang sangat singkat REM tidur. Mimpi umumnya terjadi pada tahap REM tidur.
Periode tidur NREM terdiri dari tahap 1-4. Setiap tahap dapat berlangsung dari 5 sampai 15 menit. Sewaktu siklus tidur lengkap terdiri dari sebuah perkembangan dari tahap 1-4 sebelum tidur REM dicapai, maka siklus dimulai lagi.

* Tahap 1: Polysomnography (tidur pembacaan) menunjukkan penurunan aktivitas antara terjaga dan tidur stadium 1. Mata tertutup selama Tahap 1 tidur. Seseorang dapat dibangunkan tanpa kesulitan, namun, jika terbangun dari tidur tahap ini, seseorang mungkin merasa seolah-olah ia tidak tidur. Tahap 1 dapat berlangsung selama lima sampai 10 menit. Banyak, mungkin memperhatikan perasaan menurun selama tahap ini tidur, yang dapat menyebabkan kontraksi otot tiba-tiba (disebut hypnic myoclonia).

* Tahap 2: Ini merupakan periode cahaya yang tidur selama pembacaan polysomnographic berselang menunjukkan puncak dan lembah, atau gelombang positif dan negatif. Gelombang ini menunjukkan periode spontan otot dicampur dengan periode relaksasi otot. Memperlambat denyut jantung dan suhu tubuh menurun. Pada titik ini, tubuh mempersiapkan untuk memasuki tidur nyenyak.

* Tahap 3 dan 4: Ini adalah tahap tidur nyenyak, dengan 4 tahap yang lebih intens dari tahap 3. Tahap-tahap ini dikenal sebagai gelombang lambat, atau delta, tidur. Jika terbangun dari tidur selama tahap-tahap ini, seseorang mungkin merasa bingung selama beberapa menit.

Selama tahap dalam tidur NREM, tubuh dan melahirkan kembali perbaikan jaringan, membangun tulang dan otot, dan muncul untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika anda beranjak tua, Anda tidur lebih ringan dan mendapatkan kurang tidur nyenyak. Penuaan juga berkaitan dengan rentang waktu lebih pendek tidur, meskipun studi menunjukkan jumlah tidur yang dibutuhkan tidak muncul untuk mengurangi dengan usia.

Apa yg dimaksud dengan REM Tidur?

Biasanya, tidur REM terjadi 90 menit setelah tidur awal.Periode pertama REM biasanya berlangsung 10 menit, dengan masing-masing tahap REM berulang memanjang, dan yang terakhir dapat berlangsung hingga satu jam. Ilham Polysomnograms menunjukkan pola dalam REM untuk menjadi serupa dengan yang dicatat selama terjaga. Pada orang tanpa gangguan tidur, denyut jantung dan mempercepat pernapasan dan menjadi tidak menentu selama tidur REM. Selama tahap ini mata bergerak cepat dalam arah yang berbeda. Bermimpi intens terjadi selama tidur REM sebagai akibat dari meningkatnya aktivitas otak, tapi kelumpuhan terjadi secara bersamaan dalam kelompok otot sukarela utama. REM adalah campuran dari berhubung dgn otak (otak) menyatakan kegembiraan dan berotot imobilitas. Untuk alasan ini, kadang-kadang disebut paradoksal tidur. Persentase tertinggi REM tidur adalah selama masa bayi dan anak usia dini. Selama masa remaja dan dewasa muda, persentase REM tidur menurun. Bayi dapat menghabiskan hingga 50% dari mereka tidur di tahap REM tidur, sedangkan orang dewasa hanya menghabiskan sekitar 20% di REM.

Berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk tidur?

Jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang tergantung pada individu. Kebutuhan tidur tergantung pada berbagai faktor, salah satunya adalah usia. Bayi biasanya membutuhkan sekitar 16-18 jam tidur per hari, sedangkan remaja membutuhkan sekitar 9 jam per hari rata-rata. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam tidur per hari. Jumlah kebutuhan tidur seseorang juga meningkat jika ia telah kehilangan tidur. Orang-orang tampaknya tidak beradaptasi untuk mendapatkan tidur kurang dari yang mereka butuhkan.

Apakah konsekuensi-nya jika kurang Tidur?

Terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan:

* Gangguan memori dan proses berpikir.
* Depresi
* Penurunan kekebalan.

Kurang tidur juga memperbesar efek alkohol pada tubuh, sehingga orang yang lelah yang minum akan menjadi jauh lebih cacat daripada orang yang cukup istirahat. Kurang tidur juga meningkatkan persepsi nyeri pada rasa sakit simulasi pengujian. Kafein dan perangsang lainnya untuk sementara dapat mengatasi efek dari kurang tidur yang parah, tetapi tidak dapat melakukannya untuk waktu yang lama

Dikutip dari:  The Sleep Medicine Center di The Cleveland Clinic.

Tidak ada komentar: