Jumat, 16 April 2010

MEMAHAMI BENTUK-BENTUK AKTIF VITAMIN B12

Apa Cyanocobalamin?
         Cyanocobalamin adalah bentuk yang paling umum dari vitamin B12, tetapi Anda mungkin akan terkejut bahwa untuk menemukan bentuk vitamin B12 tidak benar jika terjadi pada jaringan tanaman atau hewan. Dengan kata lain, di luar cyanocobalamin buatan kimiawi yang Anda temui seperti kebanyakan vitamin B12 dalam suplemen, Anda akan sangat sulit sekali menemukan senyawa ini di alam (sesungguhnya Anda tidak akan dapat menemukannya). Sesuai namanya, cyanocobalamin berisi molekul sianida. Kebanyakan orang mengetahuinya bahwa sianida adalah sebagai zat beracun. Meskipun jumlah sianida dalam suplemen B12 normal kecil dari titik toksikologi, dan dipandang sebagai ambang batas kebutuhan tubuh , tetapi Anda masih perlu untuk menghilangkan senyawa ini. Penghapusan ini dicapai melalui sistem detoksifikasi dengan zat seperti glutation yang sangat penting bagi penghapusan atau penguraian zat sianida.

Bentuk yang Koenzim B12
         Bentuk lain yang tersedia pada vit.B12 yang memberi keuntungan signifikan disebut Methylcobalamin cyanocobalamin. Bentuk vit.B12 disebut sebagai bentuk koenzim B12 dan lebih diyakini menjadi bentuk dari vitamin yg aktif. Di samping bentuk koenzim Methylcobalamin, B12 juga tersedia dalam bentuk koenzim yang lain, yang paling sering disebut "adenosylcobalamin". Adenosylcobalamin bentuk B12 yg juga kadang-kadang disebut cobamamide atau dibencozide. Meskipun adenosylcobalamin Methylcobalamin dan keduanya dianggap sebagai bentuk zat aktif vitamin B12, yg dapat memberi manfaat kesehatan yang sedikit berbeda. Kami akan menjelaskannya nanti, akan tetapi, sebelum menjelaskan hal ini penting untuk anda ketahui perbedaan antara enzim dan vitamin, sehingga Anda akan dapat memahami manfaat-manfaat dari koenzim vitamin. 

Apa Perbedaan antara Vitamin dan enzim?
         Kebanyakan orang menganggap bahwa vitamin memiliki beberapa jenis aktifitas khusus yg unik dan fungsi penting dalam tubuh. Pada dasarnya, ada tingkat kebenaran dan tingkat ketidaktepatan asumsi dasar ini. Yang benar adalah bahwa vitamin tidak lebih dari sebuah komponen dari satu atau beberapa enzim. Dan, enzim adalah apa yang penting untuk menghasilkan reaksi kimia yang butuhkan untuk kesehatan . Untuk tingkat vitamin yang Anda konsumsi dalam suplemen yg dapat dikonversi ke dalam atau tersambung ke enzim, asumsi dasar akan benar dan vitamin akan mampu memenuhi tindakan-tindakan dalam mendukung kesehatan Anda. Mari kita gunakan metafora di sini untuk mencoba dan membuat ini lebih jelas. Kita akan menggunakan mobil sebagai contoh gambaran [perumpamaan] ini karena sebagian besar dari Anda setidaknya mengetahui apa dan bagai mana mobil itu hidup dan bergerak. Mari kita berpura-pura bahwa salah satu enzim yang diperlukan untuk fungsi dari mobil ini adalah sistem pembakaran. Tanpa sistem pembakaran katalis reaksi yang kita sebut "menghidupkan mobil", mobil ini jauh lebih sedikit manfaatnya. Enzim dalam tubuh Anda mirip itu juga; mereka dibutuhkan untuk melejitkan berbagai reaksi, Anda perlu mengetahui kegunaannya baik dari semua kemampuan dan sistem. Sekarang dalam model perumpamaan mobil ini, jika enzim khusus ini adalah sistem pembakaran, bagian apa yang akan menjadi vitamin? Mungkin cara terbaik untuk memikirkan vitamin sebagai kunci ke sistem pembakaran. Jelas kuncinya adalah bagian yang sangat penting dari sistem pembakaran. Namun, adalah betapa berharganya kunci tanpa sistem pembakaran? Tidak terlalu berguna sebenarnya. Bahkan, Anda dapat memiliki surplus kunci, tetapi jika tidak ada sistem pembakaran, atau jika bagian dari sistem pembakaran yang hilang, atau jika kunci tidak ditempatkan dengan benar ke dalam sistem pembakaran yg tombol ini sama sekali tidak berguna.Vitamin juga sangat mirip seperti perumpamaan ini. Jika mereka tidak dicolokkan ke enzim dengan benar, Anda tidak dapat memiliki surplus vitamin yang berlimpah, dan Anda tetap tidak akan memiliki fungsi yang sesuai. Ada tingkat kerumitan lain sehubungan dengan vitamin yang juga pernah dibahas. Apakah Anda tahu bahwa bentuk-bentuk umum vitamin yang digunakan dalam sebagian besar suplemen sebenarnya jauh berbeda dari senyawa yang pada akhirnya akan dipasang ke enzim? Dengan kata lain, vitamin yang Anda ambil dalam sebuah pil harus diproses di dalam tubuh Anda (biasanya dalam berbagai langkah) untuk mengubah vitamin menjadi sesuatu tubuh Anda mengakui dan kemudian dapat steker ke enzim. Cara lain untuk menyatakan ini adalah bahwa tubuh Anda harus melakukan banyak pekerjaan pada sebagian besar vitamin untuk mendapatkan manfaat apapun dari mereka. Dan seperti dalam setiap jenis pekerjaan lain, lebih banyak langkah-langkah yang berbeda dari awal sampai akhir dari sebuah proses akan menciptakan lebih banyak kesempatan untuk kesalahan terjadi.
Mari kita kembali ke mobil sebagai perumpamaan-nya sejenak. Dalam contoh ini, vitamin yang Anda konsumsi sebagai suplemen terbaik dapat dianggap sebagai kunci kosong yang belum dipotong agar sesuai dengan sistem pembakaran. Memang ini merupakan blok bangunan untuk apa yang akan Anda butuhkan, tapi sampai seseorang memotong alur dan lekukan yang tepat sehingga akan sesuai dengan starter, itu tidak akan mampu mengkatalisis reaksi yang disebut "menghidupkan mobil". Setelah kunci kosong yang tersedia adalah penting, tetapi memiliki kunci yang sesuai dan sudah dimasukkan dengan benar ke dalam sistem pembakaran adalah apa yang benar-benar penting. Dalam dunia mobil, seorang tukang kunci dapat memotong alur yang tepat dan lekukan ke kunci sehingga akan sesuai dengan sistem pengapian mobil.Dalam tubuh, penyerapan dan transformasi proses yang terjadi dalam usus dan hati, bertindak sebagai ahli kunci ini.
Beberapa dari banyak faktor yang dapat membatasi kemampuan untuk mengambil vitamin dan mengubahnya menjadi suatu enzim termasuk kesalahan metabolik genetik, penuaan, kekurangan gizi penting lainnya vitamin dan mineral, enzim cacat, penyakit negara (terutama dari hati, ginjal atau dengan pencernaan dan penyerapan), dan perubahan patologis jaringan. Dalam semua keadaan ini, Anda dapat memiliki banyak kunci kosong yang tersedia, tetapi hanya tukang kunci tidak dapat melakukan pekerjaan pemotongan kunci dan menempatkan mereka dalam mesin dengan benar. Anda mungkin bertanya-tanya tentang makanan ...makanan apa yang di dalamnya? Nah, dalam metafora ini, makanan mengandung sistem pengapian lengkap dengan kunci pas sempurna sudah dimasukkan ke dalam sistem pembakaran. Dengan kata lain makanan mengandung vitamin sudah dalam bentuk enzim yang diperlukan untuk bekerja dan sudah tepat ditempatkan dalam enzim. Jelas ini merupakan keuntungan bila dibandingkan dengan hanya memiliki kunci kosong.
Pilihan lainnya adalah suplemen vitamin untuk melengkapi dengan bentuk koenzim vitamin. Sebuah bentuk koenzim vitamin berarti kunci (atau vitamin) telah dipotong agar sesuai dengan mesin sempurna, sehingga bypasses perlunya tukang kunci. Vitamin B12 menawarkan dua koenzim seperti bentuk, Methylcobalamin dan adenosylcobalamin.

Methylcobalamin dan Adenosylcobalamin: Aktif B12
         Dibandingkan dengan cyanocobalamin, tampak bahwa baik Methylcobalamin dan adenosylcobalamin lebih diserap dan dipertahankan dalam jumlah yang lebih tinggi dalam jaringan Anda. Dalam istilah yang sederhana, mereka digunakan jauh lebih efektif. Secara umum, Methylcobalamin digunakan terutama dalam hati, otak dan sistem saraf, sedangkan adenosylcobalamin digunakan terutama di hati dan untuk produksi hemoglobin (sel darah). Salah satu indikasi klasik B12 adalah bentuk khusus makrositik anemia yang disebut anemia. Hal ini biasanya muncul pada tes laboratorium sebagai berarti peningkatan volume sel hidup (dengan kata lain sel-sel darah Anda sedikit lebih besar dari mereka seharusnya). Sementara zat besi seringkali satu-satunya hal yang diberikan untuk penderita anemia, bentuk anemia ini biasanya tidak ada hubungannya dengan kekurangan zat besi. B12 dan asam folat adalah nutrisi yang Anda perlukan, tetapi Anda membutuhkan mereka untuk dipasang ke enzim, karena ini bentuk aktif B12 seringkali jauh lebih efektif. Bahkan dengan bentuk lain anemia, biasanya jauh lebih efektif untuk menggabungkan suplemen zat besi dengan asam folat + salah satu atau kedua bentuk aktif vitamin B12. Pada hewan, tubuh yang signifikan bukti eksperimental menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat meningkatkan aktivitas berbagai karsinogen. Hewan percobaan juga menunjukkan bahwa baik Methylcobalamin dan meningkatkan waktu bertahan adenosylcobalamin dan mengurangi pertumbuhan tumor dalam beberapa bentuk kanker. Hebatnya, Methylcobalamin juga telah ditunjukkan untuk meningkatkan efektivitas metotreksat, obat yang kadang-kadang digunakan dalam pengobatan kanker. Bentuk aktif B12 juga tampak sangat penting dalam mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh yang tepat. Walaupun informasi ini tidak boleh dianggap berlaku untuk kanker manusia, dan mereka saat ini tidak tersedia bukti yang menunjukkan bahwa setiap bentuk vitamin B12 memiliki manfaat dalam mencegah atau mengobati kanker, tampak jelas bahwa nutrisi ini akan layak dari beberapa penelitian masa depan. 

Methylcobalamin adalah bentuk khusus B12 yang dibutuhkan untuk kesehatan sistem saraf
         Karena ini harus bentuk pertama vitamin ini teringat ketika tertarik dalam upaya untuk mengoptimalkan kesehatan sistem saraf dengan vitamin suplemen. Indikasi potensi B12 kekurangan dalam sistem saraf mungkin termasuk mati rasa, kesemutan, kehilangan perasaan sensasi, sensasi terbakar, kram otot, nyeri saraf dan lambatnya refleks. Keseimbangan relatif dari sistem saraf juga sangat penting dalam arti keseluruhan kesehatan dan kesejahteraan. Pada dasarnya kami bertengkar atau penerbangan sistem saraf dan sistem saraf relaksasi. Methylcobalamin telah terbukti menjadi vitamin penting dalam membantu membangun dan memelihara keseimbangan yang tepat antara kedua sistem saraf yang berlawanan. Karena Methylcobalamin yang penting dalam sistem saraf kesehatan, juga merupakan nutrisi penting untuk penglihatan. Bahkan, lanjut kerja visual (seperti bekerja pada komputer) sering mengarah pada penurunan dalam sesuatu yang disebut "visual akomodasi". Methylcobalamin dapat secara signifikan meningkatkan akomodasi visual, sementara cyanocobalamin tampaknya tidak efektif. Tingkat yang lebih tinggi dari metabolisme homosistein adalah indikasi penurunan tingkat bentuk koenzim vitamin B12, terutama Methylcobalamin. Homocysteine telah menerima sejumlah besar penekanan dalam literatur ilmiah karena kaitannya dengan penyakit jantung dan berbagai kondisi kesehatan tertentu lainnya. Kita telah melihat iklan di televisi mempromosikan asam folat, sebagai vitamin yang diperlukan untuk menurunkan homocysteine. Meskipun hal ini benar, dan asam folat tidak menurunkan kadar homosistein, kombinasi dari asam folat Methylcobalamin dan muncul untuk bekerja lebih baik. Pada orang dengan penyakit hati, meskipun darah tinggi kadar vitamin B12 adalah umum, tidak jarang untuk benar-benar memiliki jaringan hati Sejalan dengan konsentrasi rendah vitamin B12 dan enzim. Akibatnya tukang kunci Anda tidak dapat membuat kunci lagi sehingga fungsi-fungsi enzim yang tergantung pada B12 lengkap dan bekerja sering bermasalah. Maka, bentuk B12 digunakan di bawah keadaan ini adalah Methylcobalamin dan harus adenosylcobalamin . Pada kenyataannya, bahkan dalam keadaan normal, bentuk aktif B12 membantu fungsi hati jauh lebih efisien. Hati detoksifikasi dan sistem antioksidan bekerja dengan lebih efektif ketika Methylcobalamin dan adenosylcobalamin diberikan (sebagai lawan cyanocobalamin). Karena hati kita cenderung bekerja lebih extra karena varietas polusi dan faktor-faktor lingkungan lainnya.Terpapar, bentuk aktif Vit B12 ini bisa bermanfaat dalam bentuk dukungan gizi tambahan untuk hati. Paling baik mempelajari penggunaan Methylcobalamin berkaitan dengan tidur. Meskipun mekanisme yang tepat tindakan ini belum jelas, adalah mungkin bahwa Methylcobalamin diperlukan untuk sintesis melatonin. Informasi yang tersedia menunjukkan bahwa Methylcobalamin dapat memodulasi sekresi melatonin, meningkatkan kepekaan cahaya, dan menormalkan ritme sirkadian (anda 24-jam). Karena ini, individu melengkapi bentuk ini sering B12 peningkatan kualitas tidur, sering akan memerlukan sedikit kurang tidur, dan tidak jarang akan melaporkan bahwa mereka merasa sedikit lebih segar ketika bangun di pagi hari. Methylcobalamin ini sangat efektif bila Anda 24 -- jam tidak berjalan lancar. Hal ini dapat ditunjukkan oleh kebutuhan untuk tidur berlebihan, mengubah siklus tidur-bangun, atau kecenderungan untuk telah mengubah pola bangun tidur. Sebagai contoh, Anda mungkin membutuhkan 10-12 jam tidur, atau Anda mungkin tidak merasa lelah sampai jam 2-3 pagi dan Anda mungkin bangun pada siang hari, atau Anda mungkin menemukan bahwa Anda bangun agak lambat setiap hari dan pergi untuk menjadi sedikit kemudian setiap malam. Dibawah semua keadaan ini kombinasi Methylcobalamin (sekitar 3000 mcg setiap hari) dan eksposur terhadap cahaya terang di pagi hari dapat membantu anda begadang/ tidak yidur selama 24 jam penuh.
Karena dampak Methylcobalamin pada waktu  24-jam dan siklus yang memberi makan dari hal ini, juga merupakan vitamin penting untuk mengatur 24-jam Anda dalam pelepasan hormon stres kortisol. Hal ini tampaknya menjadi sangat penting untuk golongan darah A dan AB. Methylcobalamin juga tampaknya hasil yang lebih baik pada 24-jam pemeliharaan /mempertahankan suhu tubuh. Biasanya individu ini melengkapi bentuk koenzim B12 yang  memiliki temperatur  lebih tinggi adalah di akhir jam siang hari. Ini biasanya terkait dengan peningkatan kewaspadaan pada waktu hari yang sama . Meskipun hal ini dapat penting untuk semua jenis darah, suhu badan rendah tampaknya menjadi daerah yang lebih besar tantangan bagi gol darah A dan B's.

Dosis 
         Dosis yang tepat dari bentuk-bentuk koenzim dapat bervariasi, tapi satu dosis antara 1000-2000 mcg sehari-hari biasanya memadai. Jika anda berusaha untuk mempengaruhi siklus tidur dalam 24-jam dosis yang lebih tinggi Methylcobalamin (3000 mcg setiap hari) biasanya merupakan titik awal anda harus lebih berhati-hati. Kedua bentuk B12 dianggap sangat aman dan dapat digunakan oleh semua jenis darah.

 sumber: eat4 your health

2 komentar:

Sugeng Asiadi mengatakan...

Tulisan anda sangat menarik, namun untuk berbicara ilmiah anda harus memiliki basic studi/ penelitian untuk memback up tulisan ilmiah yang anda tuliskan.
Mohon dapat diberikan sumber studinya dibawah tulisan anda.

fia mengatakan...

Tulisan yang bagus.. Namun sebaiknya sertakan juga literaturnya dan bukan sekedar translate ke bahasa Indonesia saja. Thx