Selasa, 23 November 2010

Fakta Makanan Ber-serat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Konsumsilah makanan berserat tinggi dalam menu sehari-hari dan jadikanlah serat sebagai teman Anda. Jika Anda sedang mengalami diare kronis, sembelit, atau keduanya, Anda sangat membutuhkan banyak makanan tinggi serat. "Serat adalah pengatur tinja secara teratur, sebuah penormalisasi kotoran," kata Paul McNeely, MD, seorang gastroenterologist at the Ochsner Health System in New Orleans. "Serat tahu persis bagaimana memperbaiki sembelit atau diare." Seperti spons, serat bekerja dengan menyerap air, ia menjelaskan. Serat juga menambahkan massal untuk tinja. "Jika Anda memiliki konstipasi dengan tinja yang keras, serat menarik air dari usus besar untuk membuat tinja lebih normal, lebih lembut, memberi mereka lebih banyak massal," kata McNeely. "Ketika tinja bentuknya lebih besar, dinding usus besar bisa lebih efisien mendorong mereka ketika kontraksi -. Maka pengeluarannya lebih halus" Ketika ada terlalu banyak air dalam tinja, Anda akan memiliki diare. Serat dapat membantu. "Serat tidak dapat bekerja secara mukjizat," McNeely mengatakan, "tetapi jika Anda menderita diare, banyak terdapat kelebihan cairan dalam tinja, serat yang ada di dalam usus besar Anda akan menyerapnya dan melunakan tinja -. Demikianlah serat membantu diare" Masalahnya adalah, kebanyakan orang hampir tidak mendapatkan cukup makanan yang kaya serat dalam diet mereka. Pada kenyataannya, kebanyakan orang sulit mengingat ntuk nama beberapa makanan dengan serat - kecuali sereal bekatul. Namun kita memerlukan paling sedikit 20 sampai 30 gram serat setiap hari untuk menjaga segala sesuatu bergulir. Jika Anda memiliki perut sensitif, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan cukup serat, ia menyarankan. Jangan khawatir tentang mendapatkan terlalu banyak serat – kelebihan serat apapun akan dapat dihilangkan. Ketika Anda mulai makan lebih banyak makanan dengan serat, mulailah secara perlahan - sehingga sistem anda dapat menjadi biasa. Beberapa orang mendapatkan gas dan kembung dengan dorongan yang tiba-tiba dengan serat makanan mereka.

Makanan Dasar Serat Tinggi
Bagaimana caranya untuk mendapatkan makanan kaya serat yang cukup? Makanlah apel, satu bagian kacang panggang, dan zucchini goreng/stim dengan beras merah dan Anda telah memperlakukan usus Anda dengan serat makanan yang baik. Semua makanan nabati - buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang - mengandung serat. Tetapi beberapa memiliki lebih dari jenis serat (disebut serat larut) yang membantu pencernaan.

Dasar-Dasar Tentang Serat:
Serat larut adalah yang lembut - bagian dalam biji-bijian, kacang polong, lentil, mangga, apel, persik, buah ara, nanas, pir, dll. Oatmeal dan dedak oat juga tinggi serat larut. serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mengontrol tingkat gula darah. Ia juga bertindak dalam memperlambat makanan saat melewati usus Anda, yang dapat membantu mencegah diare. Serat tidak larut adalah jenis serat kasar yang dibutuhkan sistem pencernaan Anda. Ini adalah bagian yang dicerna dari tanaman - seperti biji stroberi, kulit apel dan kacang, kulit dedak beras merah dan biji-bijian gandum. Serat tak larut membantu mencegah sembelit. Orang yang memiliki irritable bowel syndrome (IBS) dapat menemukan bahwa terlalu banyak serat tidak larut dapat memperburuk diare mereka. Jika Anda memiliki IBS, Anda mungkin lebih memilih serat larut. Satu catatan: Jika buah atau sayuran yangn memiliki kulit, jangan membuangnya - atau Anda akan kehilangan serat penting. Nutrisi penting dan serat tidak larut dapat ditemukan di kulit kentang dan buah.

Sumber Serat Terbaik
Sementara semua makanan nabati yang tidak diproses memiliki serat, mereka tidak diciptakan secara sama. Beberapa jenis tertentu lebih tinggi dalam serat. Beberapa lagi memiliki kedua jenis serat ini.

Makanan ber-serat yang larut:
* Kacang
* Oats, oat bran, oatmeal
* Buah: Apel, mangga, plum, kiwi, pir, buah, buah persik, buah jeruk, aprikot kering, mangga, buah ara
* Sayuran dan kacang polong: Kentang, kacang polong, kacang-kacangan, lentil

Makanan ber-serat yang tidak larut:
* Dedak Gandum
* Gandum utuh
* Bulgur
* Barley
* Couscous
* Beras merah
* Biji-bijian (termasuk buah-buahan dengan biji-bijian)
* Berbagai sayuran: Bayam, Kubis Brussel, brokoli, wortel, mentimun, zucchini, seledri, tomat, selada

Untuk memulai lompatan ke diet tinggi-serat, adalah dengan sarapan sereal. "Anda bisa mendapatkan 10 gram [serat] yang baik dari sereal," kata McNeely.

Tips:
* Periksa label nutrisi untuk konten serat dan cari makanan yang diperkaya serat.
* Pastikan butiran yang pertama atau yang kedua dalam daftar bahan makanan.
* Carilah merek yang rendah gula. Anda akan menghindari kalori ekstra.

Makanan Kaya Serat atau Suplemen Serat?
Suplemen serat juga memiliki tempat mereka, kata McNeely. "Kami tahu betapa sulitnya untuk mendapatkan serat yang cukup dalam diet anda," ia memberitahu WebMD. "Jika Anda mencoba untuk mengobati sembelit atau diare kronis, mulailah dengan suplemen serat Jika berhasil,. Jika Anda merasa lebih baik, kemudian mulai perlahan dengan makan makanan tinggi serat. Ini akan baik-baik saja untuk mengambil suplemen serat ini sepanjang hidup Anda. Ia tidak akan membuat usus anda malas. Anda tidak akan menjadi kecanduan.. "Periksa ke dokter Anda sebelum minum suplemen serat, ia menambahkan, sebagai orang dengan kondisi medis tertentu mungkin perlu menghindari mereka. Sebuah peringatan: "Jangan makan makanan cepat saji dan mengambil suplemen dan Anda berpikir sudah melakukannya dengan benar," kata McNeely. "Cara yang ideal adalah melalui buah-buahan dan sayuran, karena mereka menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh Tapi produk suplemen herbal juga bisa banyak membantu.."

Tidak ada komentar: